Disperindag Gunungkidul Pastikan Stok Bahan Pangan Aman Selama Libur Akhir Tahun

146

WONOSARI- MINGGU KLIWON | Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunungkidul memastikan stok bahan pangan tetap aman selama libur akhir tahun 2020. Meski demikian, kenaikan harga diprediksi akan tetap terjadi.

Sekretaris Disperindag Gunungkidul Virgilio Soriano mengatakan bahwa, pihaknya sudah melakukan pemantauan ke berbagai titik.

“Berdasarkan pantauan tersebut kami pastikan bahan pokok cukup aman hingga akhir tahun ini,” katanya dihubungi pada Minggu (20/12/2020).

Adapun kenaikan harga saat ini sudah terlihat pada beberapa komoditas pangan. Seperti berbagai jenis cabai, sayuran, ayam hingga telur. Namun peningkatan tersebut masih dianggap dalam batas wajar.

Disperindag Gunungkidul memperkirakan fluktuasi harga akan terjadi hingga akhir tahun. Kondisi ini terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat.

“Tapi mungkin awal tahun baru akan kembali ke harga normal. Biasanya seperti itu karena permintaan sudah wajar,” jelas Virgilio.

Sebelumnya, Kepala Disperindag Gunungkidul Johan Eko Sudarto menjamin pasokan bahan pokok tetap lancar selama libur akhir tahun. Terutama untuk komoditas dari luar daerah seperti sayur-mayur

Ia pun mengatakan koordinasi dengan instansi dan pihak terkait sudah dilakukan. Sebab pihaknya ingin ketersediaan bahan pokok disesuaikan dengan permintaan masyarakat yang meningkat.

“Secara otomatis nanti akan ada tambahan pasokan untuk bahan pokok tersebut,” kata Johan.

Merujuk data hasil pantauan Disperindag Gunungkidul, kenaikan harga yang terjadi saat ini masih di kisaran 4 persen. Selain naiknya permintaan, hasil panen bahan seperti cabai pun ikut berpengaruh.

Johan pun mengimbau masyarakat tidak melakukan aksi borong bahan pokok pada libur akhir tahun ini. Sebab hal itu justru akan memicu kelangkaan barang dan naiknya harga.

“Sebisa mungkin tetap bijak dalam membeli bahan pokok, agar sesuai dengan kebutuhannya,” ujarnya. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.