Generasi Abad 21 Berada di Tangan Guru

126

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan, PHD menyatakan, bahwa tidak ada perintah dalam konstitusi bahwa setiap warga harus menjadi guru. Pernyataan Anies tersebut dikaitkan dengan proyeksi pendidikan di Indonesia abad 21.

“Pendidikan abad 21 butuh tiga komponen mendasar, pertama karakter, kedua kompetensi, ketiga literasi keterbukaan wawasan,” ujar Anies Baswedan dalam video berdurasi 6:15.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karakter itu mencakup dua hal, pertama karakter moral dan yang kedua karakter kinerja.

Karakter moral, kata dia iman takwa, rendah hati dan jujur. Karakter kinerja ulet tangguh kerja keras tak mudah menyerah.

Komponen pendidikan mendasar yang kedua adalah kompetensi. Intinya manusia Indonesia abad 21 harus berpikir kritis kreatif komunikatif, dam kolaboratif.

Komponen ketiga yang tidak kalah penting menurut Anies Baswedan adalah literasi. Saat ini kemampuan baca generasi muda lemah, padahal masa depan butuh generasi muda yang lihai membaca kertas kosong yang disodorkan oleh dunia, yang isinya tidak seperti kertas ujian di dalam sekolah.

Oleh sebab itu, para murid perlu dibekali karakter, kompetensi dan literasi. Selanjutnya, tegas dia, biarkan para murid terbang di menjelajahi dunia abad 21. (Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.