KABAR BARU DARI LAUT SELATAN

1581

MELALUI Dinas Kelautan dan Perikanan Bupati Sunaryanta mencatat bahwa Gunungkidul memiliki 28 pulau kecil tanpa penghuni. Sungguh ini kekayaan yang tak terpisahkan dengan Samudera Hindia, meski managementnya tidak pernah berani berkolaborasi dengan bala tentara Laut Kidul.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di dalam Raperda RPJMD 2021-2026 mencatat, Kabupaten Gunungkidul memiliki 28 pulau kecil.

“Wujudnya berupa batu karang ditumbuhi rumput dan tanpa penghuni,” tulis Bappeda Gunungkidul di halaman Romawi II-2.

Ditinjau dari sisi geostrategis, 28 pulau tersebut berada di Kapanewon Purwosari, Panggang, Tanjungsari, Tepus dan Girisubo.

Seperti diketahui pulau-pulau kecil itu tersebar di 11 Kalurahan meliputi Giricahyo, Giriwungu, Kemadang, Banjarejo, Ngestirejo, Sidoharjo, Purwodadi, Jepitu, Tileng, Pucung serta Songbanyu.

Menurut team penyusun RPJMD 2021-2026, daftar pulau kecil.dikutip dari data yang dikumpulkan Dinas Kelautan dan Perikanan tahun 2019, dan belum ada laporan perubahan.

Kabupaten Gunungkidul, seperti disebutkan di dalam Raperda 2021-2026 berbatasan langsung dengan samudra Hindia.

Oleh karena itu Disebutkan pula bahwa Gunungkidul kaya sumberdaya laut, meskipun pemanfaatanya masih berputar-putar di emperan pariwisata, belum berani ke tengah bersalaman dengan para prajurit Laut Kidul yang menenggelamkan Fir’aun di masa silam. (Bambang Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.