Nilai Luhur Budaya, Seni Musik Tradisional Karawitan Perlu Dilestarikan

109

PONJONG – Sabtu Wage | Seni musik tradisional karawitan merupakan kebudayaan yang seharusnya dijaga, diberdayakan, dibina, dilestarikan serta dikembangkan.

Hal tersebut disampaikan Dr. H. Kolonel Tugiman, SH. M.Si saat menyambangi Padepokan Karawitan Pusporini, di Padukuhan Trenggono Lor  Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Jum’at (29/11/2019) malam.

VIDEO TERKAIT :

“Karawitan juga menambah pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai luhur budaya bangsa secara maksimal,” katanya.

Menurutnya, Gunungkidul memiliki potensi yang sangat luar biasa. Dengan perkembangan pariwisata yang pesat di Kabupaten Gunungkidul, seharusnya bisa berdampak pada kemajuan seni karawitan.

“Saat ini persoalan pariwisata hanya mendapatkan dari PAD retribusi masuk saja, sementara nanti banyak potensi yang dikembangkan misal kulinernya, souvenirnya, bagaimana budayanya dan fasilitasnya, kalau ini semua mengisi kedepan akan lebih maju lagi,” jelasnya.

Sementara itu, pemilik Karawitan Pusporini sekaligus penggiat seni, Sarjiyanti berharap, semoga kelompok karawitan Pusporini bisa dibawa lebih maju lagi. Selain itu pihaknya juga menginginkan kebudayaan di Gunungkidul ini bisa tambah maju.

“Kita harus tetap jaga kelestarian budaya, karena itu peninggalan nenek moyang kita,” katanya. (hr/red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.