Oknum PDAM Tirta Handayani Diduga Bermain SR, Berpeluang Merugikan Perusahaan

1140

WONOSARI-JUM’AT LEGI | Pengaktifan Sambungan Rumah (SR) jaringan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani Gunungkidul di Kalurahan Karangawen Kapanewon Girisubo diduga menyalahi Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan. Kuat dugaan oknum orang dalam bermain, sehingga terindikasi merugikan perusahaan plat merah tersebut.

Data yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber nenunjukan sebanyak 19 (sembilan belas) warga di wilayah Karangawen, Girisubo melakukan pemasangan jaringan PDAM yang sebelumnya telah lama mati/ tidak mengalir.

Dari sembilan belas SR tersebut, terdapat kejanggalan data di antaranya, by name yang tercantum tidak terdeteksi di kantor pusat sebagai SR PDAM Tirta Handayani.

Selain itu, besaran biaya pemasangan yang seharusnya sebesar Rp 400.000,00 (empat ratus ribu rupiah) sesuai ketentuan dalam Surat Keputusan (SK) Direksi PDAM Tirta Handayani nomor 166/KPTS/PDAM.GK/XII/2019 tentang biaya pengaktifan sambungan rumah eks proyek dan reguler yang belum berfungsi di PDAM Tirta Handayani Gunungkidul, namun fakta lapangan masyarakat harus membayar melebihi dari batas ketentuan yang tercantum dalam SK tersebut.

 

 

Disamping itu, diketahui data lapangan menemukan perangkat water meter beberapa titik di antaranya belum teregister oleh pihak PDAM.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala PDAM Cabang Bribin Harjito, bahwa pihaknya mengakui dan mengetahui adanya masalah tersebut. Namun Harjito enggan untuk memberikan penjelasan lebih rinci.

“Sudah karena kemaren juga bersama Direktur Teknik yang komunikasi awal. Mohon ma’af mungkin lebih tepat ke kantor pusat mengenai PDAM. Saya tak nenggo disponya pak Dirut,” tulis Harjito melalui pesan WhatsApp (WA) saat dikonfirmasi awak media pada, Jumat, (02/10/2020) siang.

Sementara itu, Direktur Teknik PDAM Tirta Handayani H.Toto Sugiharta S.TP, tidak memberikan respon dengan alasan masih dalam perjalanan dan sedang mengendarai kendaraan.

“Njih, sedang nyopir,” tulis Toto singkat ketika dikonfirmasi via Handphone (HP). (Agus SW)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.