Sabuk Merah Gerilya Pakan Ternak

350

NGLIPAR – Rabu Pon | Sabuk Merah, kawula muda yang mendeklarasikan diri sebagai relawan Mayor Sunaryanta, kandidat Bupati Gunungkidul, mulai bergerilya dari dusun ke dusun. Mereka berbagi ilmu fermentasi pakan ternak.

“Kali ini kami turun ke Padukuhan Prebutan, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar,” ujar Ketua Sabuk Merah, Slamet, S.Pd. MM (03/12/19).

SABUK MERAH DUKUNG PENUH BACALON GK1

Pelatihan pembuatan pakan ternak sapi dan kambing dengan sistem fermentasi diikuti 75 orang terdiri dari dua kelompok tani yaitu kelompok tani Ngudi Bogo dan kelompok tani Ngudi Makmur Padukuhan Prebutan.

Instruktur  merangkap narasumber dipercayakan kepada Panikem selaku penyuluh swadaya Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul.

Panikem yang juga pengurus KTNA Kabupaten Gunungkidul mengajak praktek fermentasi pakan ternak dengan bahan baku jerami.

“Kegiatan seperti ini akan dilakukan setidaknya menyasar 20 kelompok tani se kabupaten Gunungkidul,” imbuh Slamet.

Tujuan  pelatihan menurutnya adalah agar para peternak terbiasa melakukan rekayasa pakan, sehingga  tidak tergantung pakan jenis hijauan.

“Utamanya pada musim kemarau, fermentasi jerami membantu mengatasi kesulitan pakan,” pungkasnya. (Bambang Wahyu Widayadi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.