Upaya Wujudkan Pemerataan Pelayanan Energi Pertashop Didirikan

164

WONOSARI-SABTU LEGI | Guna mewujudkan pemerataan pelayanan energi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul bersama PT Pertamina (Persero) terus bersinergi menciptakan Pertamina Shop (Pertashop). Pertashop merupakan penyaluran produk Pertamina resmi dengan skala kecil.

Dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Johan Eko Sudarto Sabtu, (17/10/2020), bahwa Kabupaten Gunungkidul, terdapat tiga wilayah Kalurahan yang telah ditunjuk untuk pendirian Pertashop. Tiga wilayah tersebut yakni Kalurahan Jurang Jero, Kapanewon Ngawen, Kalurahan Jerukwudel Kapanewon Girisubo, dan Kalurahan Sidoharjo Kapanewon Tepus.

“Kami berkoordinasi dengan PT Pertamina, dan kini Pertashop di tiga wilayah desa telah beroperasi 100 persen,” katanya.

Hadirnya Pertashop ini, diungkapkan Johan, tujuan utamanya sebagai upaya pemerataan pelayanan energi, sehingga masyarakat semakin mudah menjangkau kebutuhan bahan bakar minyak (BBM), Liquified Petroleum Gas (LPG), maupun pelumas lainnya.

Johan Eko menyebut, sebelum hadirnya Pertashop ini masyarakat di tiga daerah tersebut perlu akses jauh untuk mendapatkan kebutuhan energi.

Misalnya, bagi warga Tepus harus menempuh puluhan kilometer (Km) untuk bisa mendapatkan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Adanya Pertashop ini memudahkan jangkauan masyarakat,” ujarnya.

Johan menyebut, harga produk Pertamina di Pertashop sama dengan pasaran yang ada. Sampai dengan saat ini Pertashop di tiga lokasi di Gunungkidul telah beroperasi kurang lebih dua bulan.

“Ketersediaan produknya pun masih menyediakan BBM jenis Pertamax. Tentu saja ke depan akan semakin dilengkapi dengan produk solar, dexlite, elpigi non subsidi, dan produk pelumas lainnya,” terang Johan.

Ia berharap, dengan adanya Pertashop tersebut, dapat terus memacu pemerataan pelayanan energi, selain memberdayakan kemandirian perekonomian desa.

“Omset tertinggi Pertashop di Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus, namun kemungkinan untuk Desa Jerukwudel Kecamatan Girisubo juga akan menyusul apabila Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) telah beroperasi maksimal pungkasnya. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.