Vaksinasi Covid-19 Gagal Serentak 14 Januari, Mundur Bulan Februari

252

WONOSARI-SELASA PON | Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul sedianya akan dilaksanakan pada 14 Januari 2021 mendatang yang akan serentak dengan daerah lain. Namun info terbaru menyampaikan prosesnya diundur.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty mengungkapkan bahwa, info itu didapat setelah berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Dimana, mesimpulannya pusat memutuskan belum semua Kabupaten/Kota serentak vaksinasi pada 14 Januari nanti.

“Stok vaksin COVID-19 sendiri hingga hari ini belum diterima Kabupaten. Namun menurut info terakhir, vaksin untuk tahap pertama itu sudah tiba di tingkat Provinsi,” katanya Selasa (12/01/2021) sore.

Berdasarkan hasil koordinasi tersebut, disampaikan pula baru dua wilayah di DIY yang akan melaksanakan vaksinasi pada 14 Januari mendatang. Kedua wilayah itu adalah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

“Sisanya baru dilaksanakan pada termin kedua di bulan Februari,” jelas Dewi.

Sesuai rencana awal, penerima vaksin pertama di Kabupaten Gunungkidul adalah para tenaga kesehatan (nakes). Sebanyak 3.396 orang dari kelompok ini telah terdata untuk menerima vaksin. Sejumlah pejabat daerah pun akan menerima vaksin tahap pertama. Dewi mengatakan vaksin akan diberikan sebanyak dua kali sesuai dosisnya.

“Tiap dosis vaksin diberi jarak 14 hari untuk penyuntikannya,” katanya.

Bupati Gunungkidul Badingah telah meminta seluruh jajarannya mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini. Salah satunya dilakukan dengan sosialisasi ke masyarakat.

Ia pun juga meminta seluruh pihak membantu meluruskan isu-isu yang dianggap tidak tepat terkait vaksin ini. Pasalnya rumor mengenai vaksin COVID-19 tengah beredar di masyarakat.

“Tanpa ada dukungan sosialisasi tentu program vaksinasi akan sulit berjalan,” kata Badingah.(Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.