Bulan Agustus Petani Singkong Gunungkidul Memasuki Masa Panen

173

WONOSARI – SENIN PON | Bulan Agustus ini para petani singkong memasuki masa panen. Tidak hanya mencukupi kebutuhan lokal, singkong di Kabupaten Gununggkidul juga banyak didistribusikan ke luar wilayah. Salah satunya singkong Ketan Bima Sena.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, berdasarkan data DPP, lahan yang telah ditanami singkong mencapai 45.816 hektare.

“Masa panen bulan ini adalah lanjutan dari masa panen pada Juli lalu,” kata Bambang, Senin (10/08/2020).

Menurutnya, bulan Juli lalu para petani telah memanen singkong hingga 3.427 hektare.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, singkong termasuk komoditas pangan terbesar. Bahkan, Kabupaten Gunungkidul, merupakan wilayah sentra penghasil singkong di DI Yogyakarta.

“Hasil panennya juga didistribusikan ke luar wilayah, peminat singkong Gunungkidul justru kebanyakan dari luar wilayah,” jelas Bambang.

Ditambahkannya, singkong yang paling unggul adalah jenis Ketan Bima Sena. Varietas ini merupakan jenis lokal asli asal Gunungkidul, dan banyak ditanam para petani.

“Singkong jenis Ketan Bima Sena, banyak ditanam petani di daerah Gunungkidul sini, dan justru yang banyak diminati dari luar Gunungkidul,” pungkas Bambang. (HRY)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.