Cerita Kolektor Bambu Unik Berbau Mistis, Tidak Ada Ritual Khusus untuk Mendapatkannya

554

PLAYEN – Kamis Legi | Pohon bambu pada dasarnya identik memiliki bentuk lurus, namun berbeda dengan apa yang koleksi Suhartoyo (36) pemuda asal Padukuhan Banaran IV, Desa Banaran, Kecamatan Playen ini.

Puluhan jenis bambu unik dimiliki Suhartoyo, diantaranya Tumpang Sari, Ekor Naga, Rajut Sukmo, Songgo Buono, Bambu Kurung, Sambung Rogo, Carag Gontung, Tongtong Sewu, Bulu Perindu, Dampit, Patel Lele, dan masih banyak lagi.

 

 

Ia menceritakan, hobinya mengkoleksi bambu unik sudah Ia lakukan beberapa tahun silam. Kala itu dirinya pertama kali mendapatkan bambu unik berjenis Tumpang Sari di sekitar bantaran Sungai Kali Oyo, Desa Bunder.

Dikemudian hari, disusul dengan penemuan bambu unik di wilayah Desa Ngleri, Kecamatan Playen. Bambu unik penemuan kedua ini berjenis bambu Ekor Naga. Mulai dari situlah, ia mulai terjun sebagai kolektor bambu unik.

“Dulu iseng saja pengen mengoleksi bambu unik, dan setelah mendapat temuan bambu yang kedua, saya gabung ke Komunitas Bambu Unik Nusantara,” katanya, Rabu (19/02/2020).

Menurutnya, bambu unik identik dengan hal mistis, lantaran banyak orang meyakini bahwa barang tersebut bisa digunakan untuk hal mistis. Namun, bagi Suhartoyo, tidak ada ritual khusus untuk mendapatkan berbagai jenis bambu unik koleksinya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.