Kenalkan Program Jamkes, Dinsos Adakan Simulasi

158

GEDANGSARI, Rabu Wage – Dalam rangka memperkenalkan program Jaminan Kesehatan (Jamkes), Dinas Sosial menggelar simulasi layanan kepesertaan. Simulasi ini dilaksanakan di Balai Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Rabu, 02/08/2017.

Hadir dalam acara ini pejabat dari Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Bagian Kesra, Dinas Kesehatan, Bappeda, perangkat desa hingga tokoh masyarakat Desa Hargomulyo.

Dikatakan Dra Rumi Hayati, Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinsos Gunungkidul, simulasi dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap kepesertaan dalam Jamkes khususnya yang dibiayai APBD.

“Syarat untuk menjadi peserta salah satunya SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari desa,” jelas Rumi.

Selain itu juga harus mendapatkan rekomendasi kepesertaan BPJS KIS APBD yang di sahkan desa dan TKPK. Dilengkapi KTP/akte kelahiran dan kartu keluarga. Mengisi form untuk cek list kriteria keluarga tidak mampu dan terakhir rekening listrik daya maksimal 900 V.

“Dengan simulasi ini diharapkan warga yang tidak mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi,” ulasnya.

Sementara itu Darmawan Anshori, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) mengungkapkan, di wilayah Gedangsari memang masih banyak warga yang belum faham terkait pelayanan jaminan kesehatan ini.

“Maka dengan diadakannya simulasi akan sangat membantu bagi warga kurang mampu. Dan kebetulan ini baru pertama kali dilakukan,” katanya.

Setelah dilakukannya simulasi ini diharapkan warga yang belum terdaftar dalam BPJS Mandiri bisa mendapatkan pelayanan melalui jamkes yang dibiayai APBD ini. Red




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.