KPU Gunungkidul Tetapkan Syarat Dukungan Calon Perseorangan

262

GUNUNGKIDUL – Setelah melakukan pleno terkait syarat minimal dukungan untuk jalur perseorangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul telah menetapkan batas minimal dukungan untuk pendaftaran calon Perseorangan / Independen yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2020 mendatang.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmad Ruslan Hani mengatakan, jumlah syarat minimal dukungan untuk calon jalur perseorangan tersebut mengacu pada Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 2096/PL.02.4-SD/01/KPU/X/2019 tentang Pedoman Jumlah Pemilih dalam DPT dan sebarannya yang Menjadi Syarat Batas Minimum Pasangan Perseorangan.

VIDEO TERBARU :

“Dalam SE tersebut tertulis sebanyak 7,5% dari DPT Pemilu berakhir. Untuk DPT kami mengacu data pada pemilu 2019 lalu berjumlah 605.894 jiwa. Berarti 7,5% nya ditetapkan sebanyak 45.443 orang dukungan,” kata dia melalui sambungan telepon, (29/10).

Syarat dukungan tersebut lanjut Ruslan, diberikan tidak hanya memberikan fotocopy E-KTP saja, tapi juga dilampirkan surat pernyataan dukungan kepada Bakal Calon Bupati Wakil Bupati. Selain persyaratan tersebut, pemerataan wilayah dukungan juga harus berjumlah 50% plus 1 wilayah dari jumlah seluruh kecamatan yang ada di Gunungkidul.

“Selain persyaratan fotocopy KTP dan surat dukungan, paling tidak calon memiliki pendukung di 10 kecamatan agar syarat betul-betul terpenuhi,” lanjut Ruslan Hani.

Untuk sekedar diketahui, penyerahan syarat dukungan akan dilaksanakan mulai 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020. (A. Wahyudi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.