Menuju Gunungkidul Ijo Royo-Royo, Kolonel Tugiman Tebar Ribuan Bibit Pohon

238

RONGKOP – Senin Kliwon | Kolonel Inf Dr. Tugiman SH. M.Si memberikan ribuan bibit pohon Akasia dan Sengon putih di beberapa Kecamatan di Gunungkidul.

Secara simbolis penanaman dilaksanakan di area persawahan  di Padukuhan Sambi Kidul, Desa Botodayakan, Kecamatan Rongkop, Minggu (12/01/2020) lalu.

 

 

Dukuh Sambi Kidul Waluyo menyampaikan, sekitar 400 batang Akasia dibagikan untuk ditanam di wilayahnya.

Sebelumnya ribuan pohon Sengon dan Akasia sudah dibagikan untuk di empat padukuhan lainnya, mulai dari pohon Sengon yang sebagian ditanam di tanah kas desa, dan Akasia yang ditanam di persawahan Sambi Kidul.

“Semoga nantinya, ini bisa menjadi pemasukan kas karangtaruna di padukuhan, dengan memberdayakan mereka agar terus berinovasi, dan kreatif dalam bertani,” ujarnya.

Masyarakat berharap, kedatangan Kolonel Tugiman dapat menyaring aspirasi masyarakat terkait dengan kebutuhan tani, karena warga di Padukuhan Sambi Kidul sebagian besar merupakan petani.

“Dengan kehadiran Kolonel Tugiman disini, bisa dilihat secara langsung apa yang menjadi permasalahan petani yang ada di Sambi Kidul sendiri,” katanya.

Sementara itu, Dirman salah satu petani di Botodayaan berharap, ada pemberdayakan khususnya untuk para petani, sehingga ke depan petani bisa lebih kreatif dan inovatif dalam bertani, bisa menarik para generasi milenial untuk bisa mencintai dan mengembangkan pertanian.

“Kalau tidak ada generasi penerus, khususnya petani ya repot, karena kita kita sudah tua, saatnya anak muda mulai bertani dengan program yang lebih inovatif dan modern” jelasnya. (hr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.