Mitos Pertapaan Betari Durga, dan Misteri Brobosan Pengantin di Gunungkidul

3563

GUNUNGKIDUL-SABTU LEGI | Diketahui objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, memiliki keindahan tersendiri hingga mampu menarik perhatian jutaan wisatawan. Selain terkenal akan keindahan panorama alamnya, Pantai Selatan yang berada di wilayah Propinsi Dearah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga memiliki segudang kisah misteri maupun mitos.

Brobosan Pengantin Pantai Sarangan yang berada di Padukuhan Bruno, Kalurahan Ngestirejo, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, merupakan salah satu objek wisata pantai yang hingga kini diyakini memiliki kisah misteri.

Menurut salah satu warga setempat Darkasimin, Brobosan Pengantin tepatnya berada di tepian laut berbentuk kubangan menyerupai goa.

Brobosan Pengantin tersebut, diceritakan Darkasimin, terhubung langsung dengan laut dan diyakini mampu menyedot sesuatu apapun yang berada di atasnya.

Nama Brobosan Pengantin sendiri diambil dari cerita yang mengisahkan sepasang pengantin tersedot masuk kedalam lubang tersebut dan menghilang bagai tertelan bumi.

“Sepasang manten ingkang dereng di sepasari mbeto segawon ten celak Brobosan Pengantin. Segawone mlebet trus mantene nututi ajeng madosi segawon wau nangeng malah ketot kesedot sedanten,” ujar Darkasimin, Senin (19/02/2024)

Semenjak saat itu, Darkasimin meneruskan cerita, masyarakat mempercayai larangan bagi siapapun pengantin baru yang belum disepasari (upacara adat Jawa) maka tidak diperbolehkan untuk mendatangi tempat tersebut.

Selain itu, menurut Darkasimin, hal-hal aneh di luar nalar yang dapat menimpa warga maupun wisatawan, sering terjadi di tempat tersebut.

Sementara menurut mitos yang berkembang dan diyakini masyarakat, Brobosan Pengantin dulunya merupakan tempat pertapaan Betari Durga.

Batari Durga adalah wujud Dewi Uma setelah dikutuk oleh Bathara Guru. Batari Durga dititahkan untuk menjadi istri Batara Kala. Batari Durga kemudian menjadi ratu Setragandamayit yang artinya istana pangasingan berbau mayat.

“Misal mau ritual disitu ya datang langsung dan nanti akan ditemui oleh penunggunya yang sepasang pengantin tadi,” pungkasnya.

(A.YL)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.