Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun Ambruk, 700 Saluran Air Warga Mati

656

PLAYEN-SELASA KLIWON | Pohon beringin berusia ratusan tahun di Kalurahan Getas, Kapanewon Playen ambruk menimpa saluran air Pamsimas. Akibat dari kejadian tersebut, sebanyak 700 sambungan rumah (SR) mati Senin, (22/02/21).

Pohon beringin berdiameter lebih dari 4 meter tersebut ambruk lantaran faktor usia, sehingga sebagian pohon mengalami kelapukan dan menimpa saluran air pamsimas.

Beruntung saat kejadian tidak ada aktivitas disekitar lokasi, sehingga tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Ambruknya pohon beringin tua tersebut menyebabkan bangunan yang difungsikan sebagai panel dan penjaga mata air rusak tertimpa pohon beringin.

Dampak dari ambruknya pohon beringin tersebut menyebabkan sebanyak 700 saluran rumah yang ada Kalurahan Getad tidak dapat dialiri air. Sehingga ribuan warga hingga waktu yang belum ditentukan tidak dapat mendapatkan air bersi

“Warga diminta untuk mencari alternatif air sementara waktu hingga proses perbaikan selesai,” Eko Setyo Winanto, Koordinator Program Pamsimas Kalurahan Getas, Senin (22/02/2021) petang.

Menurut Eko, dibutuhkan paling tidak waktu lebih dari 2 hari untuk membersihkan beringin tua tersebut. Sebab petugas hanya menggunakan alat seadanya dan mengingat usia beringin yang sudah tua menyebabkan tidak semua peralatan yang dimiliki bisa digunakan.

“Saya minta kepada warga yang menggunakan air tersebut untuk bisa berhemat air dan atau mencari alternatif lainnya dalam mencari air hingga petugas selesai memperbaiki,” ucapnya.

Sementara itu menurut salah satu warga, Agus Dwi Cahyobo mengaku, beringin tersebut merupakan salah satu sumber air utama warga Kalurahan Getas. Dimana pohon beringin besar tersebut menyimpan air yang begitu besar sehingga dapat digunakan sebagai sumber air bersih warga.

“Saya harap agar pamsimas bisa digunakan kembali sehingga warga tidak kebingungan mendapatkan air bersih kedepannya,” katanya. (Heri)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.