Pokdarwis Dikukuhkan, Bulak Widoro Berdayakan Ekonomi Masyarakat

377

PONJONG, MINGGU KLIWON-Lahirnya obyek wisata Sawah Bulak Widoro Padukuhan Susukan 2, Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong belum seumur jagung. Berawal dari gagasan Riptanto Edi Wododo serta dukungan Pemerintah Desa (Pemdes) Genjahan, Bulak Widoro kini mampu memberdayakan masyarakat.

Atas capaian tersebut Pemdes Genjahan, Kecamatan Ponjong membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) wisata Sawah Bulak Widoro.

Widodo ketua Pokdarwis Bulak Widoro menjelaskan, Pokdarwis terbentuk atas dorongan Pemdes serta semangat seluruh warga Desa Genjahan. Dia menambahkan, Pokdarwis Bulak Widoro secara resmi telah diakui oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) nomor 029/KPTS/2018 tertanggal 13 Desember 2018.

“Dengan terbitnya SK Dispar terkait Pokdarwis Bulak Widoro, akan menjadi pegangan kami dalam menjalankan dan memajukan sektor wisata di Genjahan Ponjong,” ungkap Widodo, (15/12).

Lebih lanjut dia menyampaikan, penambahan fasilitas penunjang wisata dan spot selfie Bulak Widoro sekarang ini terus dikerjakan, sehingga nantinya para wisatawan akan semakin betah berlama-lama di lokasi Bulak Widoro.

“Kami meyakini nanti bila UKM para pedagang telah tertata disini, Bulak Widoro akan menjadi tempat nongkrong ternyaman di Gunungkidul karena menyatu dengan alam,” jelasnya.

Bulak Widoro Genjahan Ponjong/ dok. INFOGUNUNGKIDUL.com

Selain menawarkan spot selfie yang kekinian serta tempat edukasi pengenalan alam dan pertanian, di sawah Bulak Widoro para wisatawan dapat berbelanja membeli oleh-oleh berupa tanaman bunga atau bibit tanaman lain.

Obyek wisata sawah Bulak Widoro Desa Genjahan Kecamatan Ponjong buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.30 WIB, dengan harga tiket Rp 3000/orang, pengunjung dijamin tidak akan merasa kecewa.

Khusus untuk rombongan para pelajar PAUD dan TK diatas 20 orang, pihak pengelola memberikan diskon harga tertentu. (Ag/ig)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.