Puluhan Kambing di Gunungkidul Mati Mendadak Belum Diketahui Penyebabnya

255

PONJONG-KAMIS WAGE | Puluhan ekor kambing milik warga Padukuhan Sawur, Kalurahan Sawahan, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul mati secara misterius, Selasa (20/02/2024). Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab matinya hewan-hewan ternak tersebut.

Dibenarkan Kapolsek Ponjong AKP Yulianto. Pihaknya menyampaikan bahwa sebelum kejadian, Supriyadi salah satu warga setempat menemukan satu ekor kambing yang telah tergeletak mati.

Untuk selanjutnya Supriyadi pun lantas mencoba melihat kandang milik Rahmat, dan benar saja kambing milik Rahmat pun juga ditemukan ada yang mati.

Diamati satu persatu, gejala awal, kambing menggigil dalam keadaan berdiri lalu berlarian, kejang, sebelum kambing-kambing tersebut mati.

Secara kasat mata, Kapolsek berujar, gejala pada kambing tidak jelas, bahkan tidak mengeluarkan busa pada mulutnya.

“Total kambing yang mati selama Januari hingga Februari sebanyak 41 ekor,” ujarnya.

Sementara, dari hasil pemeriksaan Puskeswan Karangmojo, puluhan kambing yang mati secara misterius tersebut bukan karena Penyakit Antraks atau Virus lain.

Hingga berita ini dilansir belum diketahui secara pasti penyebab matinya puluhan kambing tersebut.

Sementara sempel darah, tanah, dan air liur, telah diuji di Balai Besar Veteriner (BBVET) Wates Kulonprogo dan menunggu hasil Laboratorium selama kurang lebih satu minggu.

“Sudah ada keterangan dari Puskeswan Karangmojo bahwa kambing masih aman untuk dikonsumsi,” pungkasnya.

(A. Yuli)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.