Tamu Dari Bandung Disambut Sluku-Sluku Bathok

84

WONOSARI, Jumat Pahing-Kunjungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) seni budaya kota Bandung ke Gunungkidul, disuguhi tembang sluku-sluku bathok oleh siswa siswi SMPN 1 Karangmojo, Jumat, (16/02).

Rombongan diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, di Balai Desa Kepek, Kecamatan Wonosari.

Kesenian yang ditampilkan oleh pelajar SMPN 1 Karangmojo, dengan tembang sluku-sluku bathok mendapat aplause dari para tamu undangan yang hadir.

Tembang sluku-sluku bathok adalah salah satu tembang jawa yang merupakan lagu dolanan anak-anak karya wali, yakni Sunan Kalijaga.

Dikatakan Salma Salsabila kelas IX, SMPN 1 Karangmojo, bahwa dirinya dan kawan-kawan bisa menjadi lihai dalam memainkan gamelan dipadukan dengan tembang atau lagu tersebut didasari dengan hoby dalan dunia kesenian.

Kelima anak didik dibawah bimbingan guru seni budaya, Agus Purwanto, S.Pd ini mampu menguasai kreatifitas seni budaya sejak masuk disekolah SMPN 1 Karangmojo.

Ditenpat yang sama, Rully Maulana, Ketua MGMP Kota Bandung mengapresiasi kegiatan MGMP seni budaya yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Pihaknya merasa terinspirasi dan termotivasi dengan tampilan seni yang disuguhkan oleh anak-anak Sekolah Menengah Pertama dari Gunungkidul yang luar biasa.

Ia juga mengajak melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada didaerah masing-masing, karena merupakan salah satu aset Bangsa.

 

Reporter: W. Joko Narendro-ig




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.