Uji Coba, Beberapa Destinasi Wisata Akan Segera Dibuka

449

TANTUNGSARI-SABTU LEGI | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait akan dibukanya kembali destinasi wisata. Sebelum tempat wisata dibuka akan dilakukan uji coba.

Bupati Gunungkidul, Hj Badingah S.Sos mengatakan, bersama daerah lain dan juga Pemerintah Provinsi Yogyakarta saat ini tengah menyiapkan SOP terkait New Normal atau pola baru dalam aktivitas di tengah pandemi.

“Kita persiapkan SOP-nya, dan menunggu dulu dari Bapak Gubernur (Sri Sultan HB X),” katanya, saat di Pantai Sepanjang, pada Jumat (29/05) siang.

 

INFO HARI INI – SEMBUH DARI KORONA, TERIMA KASIH WARGA MAU MENERIMA SAYA

 

Badingah menyadari, bahwa pariwisata menjadi salah satunya tulang punggung perekonomian masyarakat Gunungkidul. Dampak ekonomi sangat berpengaruh bagi masyarakat, terutama para pelaku wisata di pesisir selatan.

“Ketika nantinya dibuka kembali, para pelaku wisata diharapkan mengikuti protokol kesehatan yang benar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asty Wijatanti mengatakan, sejumlah ketentuan tentang pembukaan destinasi wisata saat ini tengah dirumuskan. Ketentuan tersebut berisi tentang protokol kesehatan yang harus dipersiapkan oleh pelaku wisata.

“Misalnya penyediaan tempat cuci tangan, selain itu juga dipersiapkan klinik apabila ditemukan pengunjung yang terindikasi Covid-19,” ucapnya.

Asty menambahkan, jika SOP telah dipersiapkan dan selesai, akan dilakukan uji coba pembukaan destinasi wisata terlebih dahulu. Maski demikian, hanya beberapa destinasi wisata yang nantinya akan dibuka saat uji coba.

“Penyusunan ini mungkin selesai akhir Juni, sehingga sudah bisa dibuka untuk uji coba, tapi nanti kita akan kaji terlebih dahulu lokasi mana saja yang nanti bisa digunakan untuk uji coba,” jelas Asty. (Hery)

 

INFO HARI INI – RATUSAN FASILITAS PANTAI HANCUR PASCA DITERJANG GELOMBANG TINGGI




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.