Video: Tradisi Rasulan Gubug Gedhe Turun Temurun

506

GEDANGSARI-Selasa Pon | Bersih desa rasul di Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari dipusatkan di Gubug Gedhe. Tradisi yang dilakukan secara turun temurun ini menarik  perhatian masyarakat, Senin Pahing 01/07/2019.

Senin, 01/07/2019, menjadi puncak acara rasulan Gubug Gedhe. Rangkaian acara tradisi Gubug Gedhe sudah dimulai sejak tanggal 25/06/2019, antara lain gelar seni budaya berupa reog, dan jathilan festival anak berasal dari padukuhan desa Ngalang.

Gumbreg Adat Tradisi Leluhur Wujud Syukur Among Tani

Pada puncak acara rasulan juga diadakan kirab gunungan dari masing-masing padukuhan se Desa Ngalang yang berjumlah 14 Gunungan dari 14 padukuhan yang ada.

Kepala Desa Ngalang Kaderi mengapresiasi masyarakat dari 14 padukuhan atas semangat kebersamaan dan kegotongroyongan dari awal acara sampai saat ini puncaknya gelar rasulan Desa Ngalang.

“Menjalin persatuan dan kesatuan, tidak memandang suku, ras, dan agama, semua bisa tumplek blek di sini,” ungkapnya, Senin, 01/07/2019.

Ia berharap, kegiatan rasulan ini bisa dilestarikan, semakin maju, dan berkembang, sehingga akan mampu meningkatkan kualitas Desa Budaya.

Intan Aprilia turut meramaikan acara dengan dandanan pakaian unik mengungkapkan, ia antusias untuk ikut puncak acara Rasulan lantaran ingin suatu saat Desa Ngalang bisa menjadi daya tarik para wisatawan.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.