Wajib Tahu Syarat Calon Paskibraka 2024

3283

WONOSARI-JUMAT PAHING |  Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan sosialisasi berkaitan dengan seleksi peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gunungkidul di Tahun 2024.

Kegiatan yang digelar di ruang Handayani, Kantor Sekretariat Kabupaten Gunungkidul, pada Jumat (26/1/2024) tersebut mengagendakan persiapan seleksi Paskibra di Kabupaten Gunungkidul dan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Badan Kesbangpol Gunungkidul, Johan Eko Sudarto mengatakan, sosialisasi yang dilakukan merujuk surat edaran Badan Ideologi Pembinaan Pancasila ( BPIP) berkaitan dengan pembentukan panitia pelaksana dan pembentukan Paskibraka.

“Hal itu berdasarkan pasal 8 sampai dengan pasal 41 Peraturan BPIP Nomor 3 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, dengan Petunjuk Teknis,” terang Johan dalam sambutannya.

Lebih lanjut Johan menuturkan, seleksi yang sebelumnya dilakukan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Gunungkidul, kini Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, pada tahun ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta menegaskan, seleksi Paskibraka tahun 2024 yang segera akan dimulai terdapat sedikit perubahan.

Berkaitan dengan perubahan syarat bagi para calon peserta seleksi, kata Bupati, terbilang cukup berat, diantaranya calon peserta harus memenuhi tinggi badan minimal 165 sentimeter bagi calon perempuan dan 170 sentimeter untuk calon laki-laki.

“Dan ini dibutuhkan sebanyak kurang lebih 80 personil,” jelas Bupati.

Selain itu, mantan pensiunan TNI AD ini berpesan, sebagai penguatan moral kepada anak didik, diharapkan agar tidak terpengaruh dengan arus perubahan serta dampak negatif sosial media (Sosmed).

” Saya berharap ketika mengikuti seleksi untuk selalu menjaga nama baik diri sendiri dan nama sekolah, ” tegasnya.

Sosialisasi diikuti oleh perwakilan dari SMA, SMK se-Gunungkidul, perwakilan dari Kodim, Polres, serta Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Gunungkidul.

(Sur)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.