Asal Syarat Lengkap Urus Izin Lingkungan Bisa Cepat

89

WONOSARI-SENIN WAGE | Kepemilikan dokumen izin yang lengkap mutlak diperlukan untuk sebuah usaha yang ingin beroperasi secara legal. Izin lingkungan, merupakan salah satu yang perlu dimiliki dari berbagai jenis perizinan yang lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul Agus Priyanto. Ia klaim bahwa tidaklah sulit untuk mengurus perizinan lingkungan. Begitu pula dengan lamanya proses perizinan.

“Tidak (sulit), jika sejak awal sudah mau mengurus perizinan tersebut,” katanya, Senin (22/02/2021).

Perlu diingat, demikian dikatakan Agus, jika pemohon izin juga wajib memahami soal izin lingkungan. Mengingat bentuk izin beragam dan masing-masing memiliki ketentuan tersendiri.

Sesuai prosedur maka proses perizinan memakan waktu sekitar 3-6 bulan. Lamanya waktu pengurusan izin lingkungan bergantung pada konsultan yang disediakan oleh pemohon.

“Sebab biasanya untuk melakukan kajian lingkungan juga diserahkan pada konsultan yang terampil,” jelas Agus.

Selain konsultan, lamanya proses perizinan juga tergantung pada kelengkapan syarat administrasi. Itu sebabnya ia menyarankan agar pemohon memperhatikan syarat-syarat tersebut.

Terpisah, Sekretaris DLH Gunungkidul Aris Suryanto menjelaskan lama-tidaknya proses perizinan tergantung pada kualitas dokumen analisis yang dibuat. Termasuk jumlah konsultan yang tersedia.

“Kalau banyak revisi ya bisa lama. Terkadang lamanya juga karena mengantre di konsultan,” ungkapnya.

Aris menyebut, tidak ada biaya untuk pengajuan izin. Biaya yang dikeluarkan terkait dengan jasa konsultan, yang besarannya tergantung pada negosiasi antara investor dengan konsultan.

Pasca dokumen hasil konsultan rampung, investor baru mengajukan permohonan penapisan ke DLH. Tim DLH Gunungkidul akan dikirim ke lokasi yang dikaji untuk melakukan verifikasi.

Kemudian dokumen yang terverifikasi dinilai oleh Komisi Penilai AMDAL DIY. Hasilnya berupa rekomendasi ke Bupati, yang menjadi tahap akhir untuk menerbitkan izin lingkungan. (Heri)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.