Awal Tahun, Polisi Ungkap 7 Pelaku Penyalahgunaan Obat Terlarang

153

WONOSARI-KAMIS PON | Awal tahun 2021, 7 pelaku penyalahgunaan obat terlarang berhasil diamankan Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Gunungkidul.

Kasat Res Narkoba Polres Gunungkidul AKP Dwi Astuti mengatakan bahwa, terdapat 7 pelaku telah diamankan atas kasus yang diungkap pada 2-3 Januari.

“Pelaku yang berhasil ditahan berinisial MCD, MTF, MST, SDS, JKP, KVN, dan RAG, dan salah satu pelaku yakni KVN diketahui residivis untuk kasus penganiayaan,” kata Astuti dalam jumpa pers, Kamis (07/01/2021) siang.

Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti berupa ratusan pil berlogo Y yang diduga pil sapi serta barang bukti lainnya yang digunakan untuk transaksi.

“Transaksi dilakukan secara online,” jelasnya.

Selain 7 pelaku, Astuti juga mengatakan, pihaknya masih memburu 3 pelaku lain yang kini berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO).

Atas perbuataannya pelaku kini, dikenai Pasal 197 UU RI No. 36/2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara.

“Saat ini seluruhnya masih dalam proses penyelidikan,” kata Astuti.

Deketahui sebelumnya dua di antara 7 pelaku, yakni MTF dan MST sebelumnya diamankan oleh Polsek Tanjungsari.

Saat interogasi, ditegaskan Astuti aparat menemukan senjata tajam, minuman keras dan barang jenis narkotika.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto mengatakan, kedua pelaku merupakan warga Kulonprogo. Pelaku mengakui telah mendapatkan barang haram tersebut dari salah seorang berinisial SDS, yang juga diketahui warga Kulonprogo. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.