BMKG Himbau Waspada Gelombang Tinggi 19-22 Juli 2019

624

GUNUNGKIDUL – Sabtu Legi | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang setinggi 1,25 hingga 6 meter yang berpeluang terjadi di sejumlah perairan Indonesia, dimulai tanggal 19 – 22 Juli 2019.

Dalam laman resminya BMKG menyampaikan, gelombang tinggi tersebut sebagai akibat dari adanya Tropical Storm “DANAS” 990 hPa di Samudera Pasifik utara Filipina.

Perbaiki Instalasi Listrik Sidik Meregang Nyawa

Sementara itu dijelaskan pula,  pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 4-30 knot. Sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka bagian utara, Perairan Utara Sabang, Perairan Sabang-Banda Aceh, Perairan Bengkulu-Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Laut Jawa bagian timur, dan Selat Makassar bagian selatan. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut,” tulis BMKG lewat laman resminya, Jumat (19/07).

Lebih lanjut dijelaskan,  sejumlah wilayah di Indonesia yang berpeluang terjadi gelombang tinggi dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter ada di bagian barat dan timur Indonesia.

Wilayah bagian barat Indonesia antara lain meliputi, Selat Malaka bagian tengah, Perairan Timur Pulau Simeulue hingga Kepuluan Mentawai, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian utara dan Selat Ombai, Laut Natuna utara dan Laut Natuna.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.