BNPB Terbitkan Bunga Rampai Khutbah Jumat Mitigasi Bencana

289

WONOSARI, (Selasa Pon) – Direktorat Kebencanaan Pengurangan Resiko Bencana (DKPRB) menerbitkan Bunga Rampai Khutbah Jumat (BRKJ). Buku ini merupakan upaya pengurangan resiko bencaca melalui pendekatan agama.

“Sebagai bangsa religius, pendekatan keagamaan dalam pengarusutamaan pengurangan risiko bencana di Indonesia menjadi sangat penting dan strategis,” ujar Kepala BNPB, Willem Rampangilei pada kata pengantar yan ditulis 2017.

Sementara Ketua IABI dalam sambutan tertulis menyatakan, pemahaman terhadap bencana sering dimaknai sebagai proses alamiah, secara fisik sudah seharusnya terjadi karena berbagai alasanj yang secara ilmiah relatif dapat dijelaskan, baik dari secara ontologi dan epistemologi.

“Dalam dimensi yang berbeda, bencana juga dipahami sebagai takdir dan menjadi urusan atau domain Ilahiyah yang berhubungan dengan perilaku dan perbuatan manusia yang tidak bersahabat dengan lingkungan dan alam,” timpalnya.

Dr. H. M. Jusuf Kalla, selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia menyadari tingkat kerawanan negeri kepulauan ini memang cukup tinggi. Oleh sebab itu, ujar JK, Dewan Masjid Indonesia berusaha dan diharapkan untuk ikut serta dan aktif dalam sosialisasi pengurangan resiko bencana melalui khutbah Jumat.

Bunga Rampai ini, menurutnya menjadi penunjang pendidikan mitigasi bencana di tanah air. Buku setebal 143 halaman dipaket dalam file pdf setebal 143 halaman. Khalayak bisa mencari di mesin google dan mengunduh secara cuma-cuma.

Penulis : Agung
Foto Utama  : Ist



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.