Bupati Gunungkidul Tinjau Pantai Pasca Diterjang Gelombang tinggi

358

TANJUNGSARI-SABTU LEGI | Puluhan gazebo dan lapak pedagang di sepanjang pantai selatan Gunungkidul rusak akibat diterjang gelombang tinggi sejak 26 Mei hingga 29 Mei 2020.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, kerusakan terparah terjadi di Pantai Somandeng. Sedikitnya 10 gazebo rusak ringan maupun berat. Selain itu, kamar mandi juga mengalami keretakan.

Selain itu, dampak cukup parah juga terjadi di Pantai Indrayanti dan Pantai Sadranan. Beberapa gazebo dan lapak pedagang mengalami kerusakan.

 

INFO HARI INI – JUM’AT KLIWON POHON BERUMUR RATUSAN TAHUN ROBOH MELINTANG JALAN

 

“Peristiwa ini merupakan siklus tahunan. Dengan adanya gelombang tinggi ini, pantai akan menjadi bersih. Teori jawa menyebutkan, peristiwa ini untuk menyapu atau membersihkan pantai,” terang Marjono, Jumat (29/05/2020).

Marjono menambahkan, untuk mencegah wisatawan tidak berkunjung ke pantai demi memutuskan rantai penyebaran covid-19, sebanyak 64 personil SAR telah disiagakan di pintu-pintu masuk pantai.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah S.Sos mengatakan, jika telah terjadi kerusakan pemerintah akan memperhatikan meskipun anggaran sangat minim. Hal ini dilakukan untuk memberikan dorongan dan semangat masyarakat di pesisir pantai, seperti Pokdarwis maupun SAR.

“Semoga situasi segera kembali normal. Ini memang situasi yang biasa terjadi di setiap tahunnya,” ucap Badingah saat melakukan tinjauan di tiga lokasi pantai terdampak.

Dalam tinjauannya di pantai Indrayanti, Slili, dan Sepanjang, Badingah berpesan agar masyarakat mengadakan kerja bakti bersih-bersih pantai, lantaran banyak pasir yang menutup jalan sehingga membahayakan para pengendara yang melintas khususnya sepeda motor. (Hery)

 

INFO HARI INI – PANDEMI ANCAM PENGUSAHA CAMILAN




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.