DAMPAK BURUK TEKNOLOGI INFORMASI MENDESAK DITANGANI

208
Oleh: Arif Setiadi

Kemajuan Teknologi Informasi melaju pesat. Seperti umumnya sarana prasarana lain, kemajuan teknologi Informasi mempunyai sisi positif dan negatif, tergantung bagaimana sarana prasarana tersebut dipergunakan.

Dalam kasus penggunaan internet dengan berbagai macam aplikasi, selain sisi positif yang dapat kita rasakan, fenomena kemudharatan kita saksikan bersama, seperti Aplikasi Syur, Pornografi, Pinjaman Online yg menjerat, Aplikasi Game tak mendidik, penipuan dan berbagai tindak pidana.

Menghadapi fenomena itu kita berharap Pemerintah yang bertanggung jawab terhadap pelayanan dasar keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat tidak berpangku tangan.

Pemerintah Pusat melalui Kemeninfo harus menyeleksi berbagai jenis aplikasi dan konten yang tidak baik, yang salah, yang menyimpang, yang negatif, untuk ujungnya dapat dilakukan pemblokiran.

Pemerintah Daerah, dapat melakukan langkah langkah sosialisasi, pembinaan pendampingan, maupun pengawasan dalam penggunaan pemanfaatan kemajuan Teknologi Informasi; agar dampak negatif yang terjadi dapat ditekan.

Secara umum Program Literasi Teknologi Informasi perlu dirumuskan dan dicanangkan sebaik-baiknya.

Secara specifik program program “Internet Sehat” perlu digaungkan, sehingga kemajuan Teknologi Informasi membawa berkah bukan membawa musibah.

Penulis adalah anggota DPRD DIY dari Fraksi PAN




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.