Di Wono Mengger BPTP Panen Raya Padi Teknologi Largo

353

NGLIPAR, Jumat Pahing-Panen raya padi model pengembangan teknologi budi daya Larikan Padi Gogo (Largo) Super dibawah Tegakan Tanaman Perkebunan di sambut suka cita warga Dusun Mengger Desa Nglipar Kecamatan Nglipar, Jumat, (08/03) siang.

BACA JUGA:

Miliki Ragam Potensi Pemdes Kedungkeris Tidak Pasang Target

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta Ir. Joko Pramono, MT menjelaskan, tantangan upaya peningkatan produksi pangan di Yogyakarta setiap tahun tidak kurang dari 100 sampai 200 hektar lahan pertanian berubah fungsi non pertanian.

Disamping itu persoalan anomali iklim dengan kondisi musim tidak menentu menjadi problem yang harus diantisipasi. Hal tersebut mendorong BPTP Yogyakarta bekerja sama dengan Pusat Penelitian Tanaman Bogor (PPTB) melakukan model kajian dan penerapan teknologi Largo Super dibawah tanaman perkebunan.

“Kita memilih lahan-lahan diantara tegakan tanaman perkebunan karena di lahan ini yang belum termanfaatkan, sedangkan pada lahan terbuka telah banyak digarap secara optimal oleh petani. Dengan menanam diantara sela tanaman perkebunan atau hutan, ini bentuk upaya peningkatan luasan lahan,” ungkap Joko Pramono.

Lebih lanjut dia menyampaikan, teknologi Largo Super merupakan teknologi budidaya terpadu khususnya di lahan kering dengan basis sistem jajar legowo.

BACA JUGA:

Jalan Menuju Puncak Tertinggi Di Gunungkidul Diresmikan Bupati




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.