Doa Syukur Sebagai Pertanda Musnahnya Gelisah

349

GEDANGSARI-JUMAT KLIWON | Padukuhan Bulu Kalurahan Hargomulyo Kapanewon Gedangsari Kabupaten Gunungkidul memiliki letak geografis berbukit. Selama ini, warga setempat selalu menghadapi kesulitan air bersih pada setiap musim kemarau dan hanya bisa menunggu batuan droping air. Kini warga mulai dapat tersenyum lega, dengan adanya bantuan stimulan sumber air bersih berupa 2 (dua) sumur bor.

Dikatakan Dukuh Bulu Juwandiono, bahwa untuk RT 04 bantuan tesebut berasal dari PPM Sarimulyo Gedangsari, sedang RT 02 bantuan diperoleh dari Paguyuban Sekretaris Lurah Kota Yogyakarta (Pasekta 45).

“Selain itu juga Bank Giri Artha Syariah Gedangsari, serta keluarga Almarhum Nyoman Resika Yogyakarta,” ungkap Juwandiono.

Sementara itu Lurah Hargomulyo Sumaryanta mengataka, bahwa bantuan tersebut sangat memberikan manfaat yang luar biasa.

“Selama ini warga Padukuhan Bulu setiap musim kemarau dalam memenuhi kebutuhan air bersih hanya mengandalkan bantuan droping air dan membeli,” ucapnya.

Model droping air bersih, lebih lanjut diungkapkan Sumaryanta, tidak menyelesaikan akar masalah yang ada, sehingga setiap tahun kejadiannya serupa selalu terulang lagi.

“Problem air bersih ini menjadi salah satu faktor terjadinya kemiskinan di Gedangsari,” tambahnya.

Gerakan “MARI WAKAF MATA AIR UNTUK MENGGANTIKAN AIR MATA” menurutnya, merupakan gerakan nyata yang dapat membangkitkan semangat serta swadaya masyarakat dalam upaya mengatasi masalah ketersediaan air bersih.

“Dengan adanya bantuan 2 (dua) titik sumur bor ini maka Insha Allah masalah air bersih di Padukuhan Bulu Kalurahan Hargomuyo dapat teratasi,” ujarnya.

Disela acara Do’a bersama dan syukuran Jum’at (9/10/2020) yang bertempat di RT 04 Padukuhan Bulu Kalurahan Hargomulyo Panewu Gedangsari M. Imam Santoso, meminta agar warga menjaga sumber air bersih dengan sebaik baiknya.

“Masyarakat juga harus melindungi sumber mata air untuk menjaga keberlangsungan sumber air,” ucapnya. (red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.