Dukung Kemajuan Pertanian, Pemerintah Desa Pampang Bangun Sumur Bor

185

PALIYAN – Minggu Wage | Guna mendukung kemajuan pertanian di Desa Pampang, Pemerintah Desa Pampang menganggarkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2019 untuk pembuatan sumur bor Padukuhan Polaman.

Nantinya sumur tersebut akan digunakan untuk pengairan lahan seluas kurang lebih 20 Ha di bulak Polaman Kidul. Saat ini instalasi pipa dari sumur bor baru mencukupi sekitar 5 Ha, untuk itu masih dibutuhkan pengembangan jaringan distribusi atau perpipaan ke lahan petani yang akan diupayakan secara swadaya.

 

 

Kepala Desa Pampang Iswandi menyampaikan, pembangunan satu unit sumur bor dengan saluran irigasi dianggarkan dari Dana Desa tahun 2019. Rencananya tahun 2020 akan dibangun 2 unit lagi untuk menopang pertanian di Desa Pampang.

“Kami berharap dinas terkait dapat membantu menambah unit sumur bor, karena disini petani sangat membutuhkan,” ucap Iswandi, Sabtu (18/01/2020).

Iswandi menyatakan, pembangunan satu unit sumur bor yang pertama telah selesai dan siap digunakan. Hal ini ditandai dengan acara peresmian sumur bor pada Kamis (16/01/2020) lalu oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Ir. Bambang Wisnu Broto.

Pada kesempatan tersebut Bambang Wisnu Broto menuturkan, sumur bor yang telah selesai dibangun agar dapat dipergunakan bersama-sama.

“Ini sebagai upaya mitigasi Dampak Perubahan Iklim (DPI), sehingga baik musim hujan maupun kemarau petani tetap bisa menjalankan budidaya di lahan tanpa cemas kekurangan air,” terangnya.

Mengingat tahun 2019 kemarin, pada musim tanam kedua, di beberapa tempat sudah terjadi kekeringan, hingga menyebabkan puso tanaman termasuk di wilayah Kecamatan Paliyan.

“Dengan tersedianya sumur irigasi maka petani dapat meningkatkan pendapatan lewat pemilihan komoditas hortikultura pada musim tanam kedua atau ketiga, misal bawang merah, cabai atau tembakau,” urainya.

Usai peresmian, sumur bor langsung diuji cobakan untuk pengairan padi. Nampak hadir dalam peresmian tersebut, unsur Forkompimca Paliyan dan beberapa tamu undangan lainnya. (red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.