Empat Partai Baru Kemungkinan Bakal Maju Pada Pemilu 2024

1600

WONOSARI-MINGGU KLIWON | Tidak tertutup kemungkinan bahwa jumlah peserta pemilu serentak 2024 akan bertambah. Sepanjang lolos verifikasi administrasi dan faktual, setidaknya 4 partai politik bakal ikut berkompetisi pada pemilu serentak 2024. Boleh jadi malah lebih dari 4 walau belum pasti memenuhi ambang batas parlemen thres hole.

“Partai Gelora, Partai UKM, Partai Umat, Partai Prima, dan mungkin masih ada partai lain akan menyusul mengumumkan kehadirannya,” ujar pengamat politik Joko Priyatmo (Jepe) via aplikasi whatsApp, Minggu 9-5-2021.

Partai Gelombang Rakyat Indonesia, menurutnya merupakan partai politik punya potensi merebut kursi di parlemen.

Partai Gelora sempalan PKS ini didirikan tanggal 28 Oktober 2019 oleh 99 orang dari 34 provinsi di Indonesia.

“Oleh Fahri Hamzah dan Anis Mata selaku pemrakarsa, Gelora dideklarasikan dalam acara konsolidasi nasional di Jakarta, 10 November 2019 silam,” ujar Jepe mengutip Wikipedia.

Menyusul berikutnya di Kantor Koperasi Jasa Ekonomi Digital Indonesia (KDI) Jalan Kertanegara 25 Jakarta Selatan, DKI Jakarta 15-12-2020, diputuskan Pengurus Pusat Partai Usaha Kecil Menengah (UKM). Ketua umum dipercayakan kepada H. Bustan Pinrang didampingi Sekretaris Jendral Syafrudin Budiman.

Jepe mencatat, tidak mau kalah belakangan Partai Ummat menyusul, yakni sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan oleh Amien Rais, mantan pendiri Partai Amanat Nasional. Partai ini dideklarasikan pada tanggal 29 April 2021. Berikutnya, tulis Jepe, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima). Ini partai politik yang baru dibentuk, dan bakal mendeklarasikan diri pada 1 Juni 2021.

Berdasarkan data dari berbagai sumber, Jepe mengamati bahwa Ketua Panitia kegiatan deklarasi Prima, Achmad Herwandi mencoba menghadirkan Prima sebagai salah satu partai politik di Indonesia yang dimotori kawula muda.

“Kemungkinan besar partai politik baru masih akan bermunculan pada perhelatan 2024 meski tidak gampang menembus ambang batas parlemen thres hole,” pungkasnya. (Bambang Widayadi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.