Geopark Night Specta 2018 Dipusatkan di Ngingrong

874

WONOSARI, MINGGU LEGI-Kegiatan tahunan Geopark Night#3 Specta Tahun 2018 dipusatkan di lokasi obyek Wisata Geosite Lembah Goa Nglingrong Padukuhan Mulo, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari. Kegiatan tersebut dihadiri ribuan orang, Sabtu malam (27/10).

Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY, Pemda Gunungkidul, Exotic Gunungkidul, Unesco, Gunung Sewu Unesco Global Geopark, dan Saka Pariwisata Gunungkidul. Sebelum itu, pertama pada Tahun 2016 di Gunung Api Purba Nglangerang, 2017 di Pantai Krakal, dan yang ketiga kalinya Tahun ini di Goa Ngingrong.

Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos menyampaikan, bahwa acara ini merupakan acara tahunan. Program ini diharpkan dapat meningkatkan pariwisata di Geoprak Gunung Sewu dan perolehan penghargaan dari Unesco untuk selalu melestarikan kawasan Karst di Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan.

“Dengan begitu kita bisa mengemas di dalam pariwisata dengan cara moderen dan digital, agar bisa diakses dan dikenal di Seluruh Dunia,” ujar Badingah.

Di tempat yang sama, sambutan Gubernur DIY di bacakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. Muriata MM menyampaikan, pariwisata menjadi program untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sehingga pariwisata bisa dikemas sebaik-baiknya untuk menarik wisatawan.

“Kita punya obyek wisata tingkat dunia seperti Kraton, Candi Prambanan, Goa Pindul dan lainnya,” terangnya.

Program wisata untuk pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sambungnya, maka harus selalu bekerjasama dengan masyarakat.

“Masyarakat juga harus kreatif, untuk mencari peluang bisnis dan menjadikan Desa Wisata,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Geosep Goa Ngingrong adalah satu dari 13 Geosep yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Gunungkidul Drs.Dr.H Immawan Wahyudi SH MH, Ketua Jaringan Geopark Indonesia Drs.Ir H Budi Martono MSi, Dandim 0730 Letkol Inf Muh. Taufik Hanif Y. S Sos, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady SH SIK MH, Kepala Kejaksan Asnawi Mukti SH MH, Kepala PN Wonosari Kusnul Kotimah SH MH, Ketua DPRD Demas Krus Siswanto AMd, Perwakilan dari Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pacitan, Dinas Pariwisata Prov DIY, serta Para Kadinas dan OPD di Jajaran Pemkab Gunungkidul. (Joko)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.