Gong Seusia Majapahit Ditabuh, Menandai Terbentuknya Pokdarwis Wisata Sejarah Demang Wonopawiro

252

WONOSARI – Sabtu Pahing | Peringatan Hari jadi Desa Piyaman ke 201, diselenggarakan gelar aneka seni budaya  dan produk UMKM. Dalam kesempatan yang sama Kelompok Sadar Wisata, Sejarah  Ki Demang Wonopawiro dibentuk, ditandai pemukulan gong peninggalan Ki Wonopawiro, yang konon gong tersebut  ada sejak Kerajaan Majapahit.

Selain menampilkan kesenian, Hari jadi Desa Piyaman juga menyajikan beragam produk unggulan UMKM setempat diantaranya, batik, kerajinan perahu botol, kerajinan wayang kulit, alat pertanian, wedang rondhe, dan aneka kuliner lainnya.

Destinasi Wisata Air Padukuhan Klayar Gelar Dayung Kano

Lahirnya Pokdarwis Sejarah Demang Wonopawiro diinisiasi Winarso, Bambang, Wibawanto, dan Sujadi Sekdes Desa Piyaman.

Tujuan didirikannya Pokdarwis adalah untuk mewujudkan wisata sejarah Demang Wonopawiro yang diyakini sebagai cikal bakal kota Wonosari Gunungkidul.

Kepada infogunungkidul Panitia Hari jadi Desa Piyaman ke 201 Wibawanto menyampaikan, rangkaian kegiatan  gelar seni budaya, diawali dengan pentas campur sari pada malam pra peresmian Pokdarwis, dilanjutkan kesenian reog, gejog lesung, toklik dan tari, pagi hingga siang hari. Acara dipungkasi dengan pentas kethoprak.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.