Kwarcab Pramuka Gunungkidul Ikut Tangani Pariwisata

1023

SEMANU-SELASA PAHING | Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Gunungkidul Bahron Rasyid, S.Pd, M.M. melantik Majelis Pembimbing, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Satuan Karya Pramuka Pariwisata (Saka Pariwisata) Cabang Gunungkidul.

Pengurus masa bhakti 2022-2027 dikukuhkan di Rumah makan Bu Tiwi Tan Tlogo, Mijahan, Semanu, Gunungkidul 30-5-2022.

Dalam sambutannya Bahron Rasyid berpesan agar Saka Pariwisata berkembang dengan gembira dan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Saka Pariwisata dibentuk dengan harapan sebagai wadah kegiatan khusus dalam bidang pariwisata di lingkungan Gerakan Pramuka dan upaya untuk membentuk kader pembangunan pariwisata,” ujar Bahron.

Di samping itu juga untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan praktis bidang pariwisata.

Hal ini, kata Bahron, seiring dengan visi Gerakan Pramuka Kwarcab Gunungkidul yaitu “Kokoh, Bersinergi, Berprestasi”.

Kerja sama yang baik antara Gerakan Pramuka dengan Dinas Pariwisata diharapkan dapat melahirkan insan pariwisata yang handal dalam mengembangkan, melayani dan mempromossikan destinasi wisata Gunungkidul.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, selaku Ketua Majelis Pembimbing berpesan agar Saka Pariwisata dapat berperan dalam pengembangan pariwisata Kabupaten Gunungkidul dalam arti memberikan kontribusi pada pelayanan kepariwisataan, sesuai dengan harapan yang termaktub dalam logo Saka Pariwisata.

Arti Lambang Satuan Karya Pariwisata, dengan bentuk segi lima melambangkan falsafah Pancasila.

Sedangkan gambar Candi Bajang Ratu merupakan representasi pemerintah dalam menyambut wisatawan.

Dua tunas kelapa simetris melambangkan setiap anggota Pramuka ikut serta melaksanakan program kepariwisataan.

Saka Pariwisata adalah wadah pendidikan dan pembinaan bidang pariwisata bagi anggota Gerakan Pramuka untuk membantu, membina, dan mengembangkan kegiatan Pariwisata.

Di akhir sambutannya Mohammad Arif Aldian bilang, agar sinergitas ini melahirkan prestasi bidang kepariwisataan Gunungkidul.

Hadir dalam Upacara Pelantikan dan Pengukuhan tersebut, Wakil Ketua II , Ketua Bidang Keanggotaan, Kepala Pusdiklat, Andalan Pengembangan Saka dan Ketua Dewan Kerja Cabang.

Dari Dinas Pariwisata hadir Sekretaris dan beberapa pejabat struktural di lingkungan Dinas Pariwisata Gunungkidul. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.