Mencari Kandidat Bupati Gunungkidul Yang Pantas Diamanati Kekuasaan

215

WONOSARI – Kamis Kliwon | Dihitung mundur, setahun kedepan, 600 lebih warga Gunungkidul akan menyerahkan kekuasaannya kepada pemimpin yang memenuhi kategori  pemimpin yang mengerti kalau dirinya mengerti.

Menganalogi pikiran   Imam Gozali, ada 4 jenis manusia (pemimpin), dan itu hanya satu yang paling memenuhi syarat untuk diserahi kedaulatan untuk memimpin rakyat.

LANGIT POLITIK BERGETAR: SELEMBAR FOTOKOPI KTP SENILAI 1 MILIAR RUPIAH

Pertama, Rojulun Yadri wa Yadri Annahu Yadri (Seseorang yang tahu (berilmu), dan dia tahu kalau dirinya tahu).

Orang ini masuk kategori ‘alim  (mengetahui). Orang seperti ini patut diikuti, dalam konteks diserahi kedaulatan / kekuasaan sebagai pemimpin.

Dia tahu kalau dirinya  berilmu, dan  dia menggunakan ilmunya  agar  bermanfaat bagi dirinya, orang sekitar, bahkan bagi seluruh umat manusia.

Kedua, Rojulun Yadri wa Laa Yadri Annahu Yadri (seseorang yang tahu (berilmu), tetapi dia tidak tahu kalau dirinya tahu).

Manusia model ini ibarat orang yang sedang  tertidur. Dia adalah manusia yang memiliki ilmu dan kecakapan, tapi dia tidak pernah menyadari kalau dirinya memiliki ilmu dan kecakapan itu.

Ketiga, Rojulun Laa Yadri wa Yadri Annahu Laa Yadri (seseorang yang tidak tahu (tidak atau belum berilmu), tapi dia tahu alias sadar  kalau dia tidak tahu).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.