Gelombang tinggi

Nelayan dan Kapal pada Wilayah Padat Pelayaran, Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

916

INFOGUNUNGKIDUL, SENIN PON
JAKARTA, Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan siaran pers tentang kemungkinan terjadinya gelombang tinggi untuk tiga hari ke depan, Senin (11/2) hingga Kamis (14/2). Insan maritim dihimbau untuk berhati-hati.

BMKG menengarai pola angin utara Indonesia umumnya dari arah Utara – Timur Laut dengan kecepatan 4 – 25 knot, sedangkan selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 4 – 20 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Cina selatan, Perairan Kepulauan Sangihe – Talaud dan Laut Maluku bagian utara. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah-wilayah tersebut,” demikian bunyi siaran pers, Senin (11/2).

Gelombang tinggi kategori sedang mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter. Sementara gelombang kategori tinggi mencpai 2,5 hingga 4,0 meter.

BMKG mengimbau, masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, termasuk yang berlalulintas di wilayah pelayaran padat, agar tetap waspada, dan berhati-hati, terhadap kemugkinan munculnya gelombang tinggi. (Bambang Wahyu Widayadi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.