Pada Cuaca Ekstrim Terpantau Dua Bibit Siklon Tropis

752

Jakarta, senin Legi-Kepala BMKG, Prof. Dwikorita Karnawati menyampaikan, dalam tiga hari ke depan akan ada peningkatan intensitas hujan disertai angin kencang. Di seluruh wilayah Indonesia terjadi cuaca ekstrim.

“Hal itu berdampak pada timbulnya gelombang tinggi serta dapat berpotensi menimbulkan puting beliung” ucap Dwikorita Karnawati (26/11).

Tanggal 26 September 2017, BMKG memantau ada dua bibit siklon tropis. Persisnya terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa dan Barat Daya Bengkulu.

Bibit siklon tropis menurut BMKG  mengakibatkan terbentuknya pola belokan angin (shear) dan konvergensi di wilayah Indonesia. Hal ini akan berdampak pada peningkatan tinggi gelombang, hujan lebat, angin kencang, maupun potensi puting beliung di daerah sekitarnya.

Dijelaskan pula terjadi aliran massa udara basah dari Barat dan Utara yang cukup luas dari Samudra Hindia yang mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian besar Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Diperkirakan, dalam beberapa hari ke depan terdapat peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung.

Dimungkinkan terjadi pula di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Timur bagian Selatan, Kalimantan Selatan.

Tidak hanya itu, terjadi pula di Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Gelombang tinggi gelombang 1.25 – 2.5 meter (Moderate Sea) berpeluang terjadi di Perairan timur Simelue hingga Kepulauan. Nias, Laut Natuna, perairan selatan Bali hingga Pulau Sawu, Selat bali – Lombok- alas bagian selatan, Selat Karimata, Selat Sunda bagianutara, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian selatan, Laut Sumbawa, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, Laut Maluku bagian utara, perairan Bitung – Manado, perairan utara Kepulauan Halmahera hingga Papua, dan Laut Halmahera.

Tinggi Gelombang 2.5 – 4 meter (Rough Sea) berpeluang terjadi di perairan barat Aceh hingga Kepuluan. Mentawai, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga selatan Jawa barat, Laut Cina Selatan, perairan utara Kepulauan Anambas- Kepulauan. Natuna, Laut Jawa, Perairan utara Kepulauan Sangihe – Kepulauan Talaud.

Tinggi Gelombang 4 – 6 meter (Very Rough Sea) berpeluang terjadi di Laut Andaman, Samudra Hindia Barat Aceh, Samudra Hindia barat daya Bengkulu dan Samudra Hindia selatan Jawa Tengah

BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat. Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho roboh.

Masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 021-6546318 atau bisa dilihat di web BMKG (http://www.bmkg.go.id), men-follow twitter @infobmkg, mendownload aplikasi iOS dan android “InfoBMKG” serta dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

 

Redaksi




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.