Pandemi Covid-19, Stok Darah PMI Menipis

129

WONOSARI РSELASA PON |  Pandemi virus corona yang kini melanda hampir di seluruh negara di dunia tentu menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Hal ini berpengaruh terhadap stok darah di sejumlah daerah. Stok darahpun menipis, namun permintaan justru mengalami peningkatan.

Ketua PMI Gunungkidul Iswandoyo mengatakan bahwa, saat ini hanya sebagian kecil warga yang telah datang ke PMI Gunungkidul untuk melakukan donor darah.

“Setiap harinya sekitar 3 sampai 7 orang pendonor saja, dan itu jauh berkurang dibandingkan dari hari biasanya yang bisa mencapai 15 sampai 20 orang,” katanya kepada wartawan, Selasa (07/04/2020) siang.

INFO HARI INI-PERLU DIKETAHUI OLEH WARGA RANTAU

Iswandoyo mengatakan, stok darah di PMI Gunungkidul sendiri kini yang tersedia hanya golongan darah O sebanyak 25 kantong, dan AB 10 kantong. Selain itu Pihaknya juga telah membuka bank darah di RSUD Wonosari, lantaran pada akhir-akhir ini permintaan darah kebanyakan  dari pasien DBD.

“Pada saat pandemi corona seperti ini banyak permintaan darah dengan adanya peningkatan pasien DBD di Kabupaten Gunungkidul,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai upaya PMI Gunungkidul mengajak masyarakat untuk mendonor darah, pihaknya melakukan edukasi kepada masyarakat bahwa donor darah itu aman.

“Disaat pandemi corona seperti ini tetap aman, yang penting, sebelum mendonor wajib cuci tangan, juga mengisi formulir tentang riwayat kesehatan dan perjalanannya, untuk yang baru dari perjalanan luar negeri, minimal tiga bulan setelah kedatangan, untuk luar daerah minimal satu bulan,” tandasnya. (Hery)

INFO HARI INI-GRATIS UNTUK WARGA GUNUNGKIDUL




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.