Panen Semangka Dikemas Wisata, Pengunjung Petik Langsung di Nglipar

396

NGLIPAR-JUMAT KLIWON |Petani semangka di Padukuhan Klayar, Kalurahan Kedungpoh, Kapanewon Nglipar, melakukan panen massal dihadiri oleh Bupati Gunungkidul Badingah S.sos pada Jum’at, (16/10/2020).

Diketahui, panen semangka di Agro Klayar telah beberapa kali dalam beberapa musim terakhir. Kali ini, Badingah merasa bangga terhadap petani dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Klayar Manunggal atas hasil panen semangka musim ini.

“Tak hanya keberhasilan petani dalam memanen semangka saat musim kemarau, tapi juga upaya mereka yang luar biasa dalam mengembangkan potensi pertanian yang ada jadi wisata,” kata Badingah, pada Jum’at, (16/10/2020) saat hadiri panen raya semangka.

Badingah mengatakan, warga sekitar mengembangkan konsep wisata, di mana pengunjung bisa ikut memanen. Hal tersebut tampak dari banyaknya warga luar yang ikut meramaikan panen raya.

“Saat situasi masih pandemi seperti ini, tentu patut disyukuri karena para petani berhasil membangun dan mengembangkan Agro Klayar ini,” ucap Badingah.

Sementara itu, Budi Susilo selaku Pendamping Agro Klayar mengatakan, ide pengembangan konsep Agro wisata dicetuskan sekitar 3 bulan yang lalu. Buah Semangka pun jadi komoditas pertama yang dikembangkan dari konsep tersebut.

Ia juga tak menyangka, bahwa dengan ide seperti ini direspon baik oleh petani setempat, maupun pengunjung. Terbukti dari hasil panen semangka melimpah dalam beberapa waktu terakhir.

“Panen awalnya saja mencapai sekitar 1 ton dan itu untuk konsumsi warga sekitar dulu,” katanya.

Budi menjelaskan, Lahan yang saat ini sudah dimanfaatkan mencapai 1,2 hektare, dengan tiga jenis semangka yang dibudidayakan yakni, semangka biji, non-biji, serta jenis semangka Inul.

Kedepan, dijelaskan Budi, lahan akan dikembangkan lebih luas lagi. Selain itu, beberapa warga telah bersedia mengajukan lahan pribadi mereka untuk konsep agrowisata.

“Seluas 2 hektar siap dimanfaatkan. Sat ini tahap pembenahan, tapi pastinya ke depan akan dibuka wisata untuk umum,” pungkas Budi. (Hery)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.