Papan Reklame ini Bodong, Bahayakan Pengguna Jalan

787

WONOSARI, KAMIS PAHING-Papan reklame di ruas jalan Sumber Mulyo, Desa Kepek Kecamatan, Wonosari atau tepatnya di barat Perempatan Pancuran Siraman ternyata tidak bertuan alias bodong.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Gunungkidul, Drs. Irawan Jatmiko, M.Si, saat dikonfirmasi awak media melalui pesan Whats App (WA).

Irawan menjelaskan, berdasarkan penelusuran data Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) sejak reklame 2012 sampe sekarang tidak ditemukan ijin papan reklame tersebut.

“Setiap kontruksi papan reklame harus berijin, berdasar data yang kita miliki papan reklame itu tidak berijin. Untuk perawatan dan pemeliharaan papan reklame adalah tanggungjawab pemilik,” jelas Irawan, (12/12).

Sementara itu, Mugiyono, S.IP, Kepala Bidang (Kabid) Bidang Penetapan dan Bina Pendapatan BKAD Kabupaten Gunungkidul menyampaikan, pihaknya hanya menangani terkait pajak. Untuk kewenangan perawatan papan reklame dia menyarankan agar konfirmasi ke DPMT.

“Kalau pajak di kita, tetapi untuk penertiban dan perijinan bukan kewenangan BKAD. Untuk perawatan bisa tanya ke DPMPT selaku instansi yang mengeluarkan ijin. Tetapi menurut saya itu sepertinya tidak berijin, andai berijinpun telah habis masanya,” jelas Mugiyono.

Di tempat terpisah Kepala Seksi Operasional dan Pengendalian (Kasi Opsda) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gunungkidul, Djundjung Marhendro, S.IP menjelaskan, terkait papan reklame tersebut bisa dilihat datanya, yang punya siapa apabila memang berijin pasti ada di DPMPT, sedangkan data pajak ada di BKAD.

“Kalau memang tidak ada, ya sudah kita bergerak penertiban seperti halnya di tempat lain. Itu kan banyak sekali di Taman Bunga, dekat Apotek Argosari dan seputar wilayah Ledoksari, apabila reklame sudah tidak bertuan dan membahayakan besok kita siap menurunkan,” jelasnya Rabu, (12/12).

Lebih lanjut Djundjung menambahkan, dalam hal penertiban pihaknya tidak bisa serta merta langsung bergerak. Semua ada mekanisme dan aturan yang mesti di taati.

Seperti diberitakan sebelumnya papan reklame dalam kondisi tidak layak masih dipaksakan berdiri di ruas jalan Sumber Mulyo Kepek Wonosari, atau tepatnya sebelah barat perempatan Pancuran Siraman. Meskipun besi papan reklame telah banyak yang lepas dimakan karat dan membahayakan para penguna jalan yang melintas, meski demikian belum ada pihak yang bertanggungjawab atas keberadaan papan reklame tersebut. (Ag/ig)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.