Pembuatan Sabun Lebih Mudah Ketimbang Membuat Jenang, Tugiman Berharap Perekonomian Semakin Terangkat

259

RONGKOP – Selasa Pon | Ratusan peserta kelompok PKK Desa Semugih dan Bohol, Kecamatan Rongkop antusias mengikuti pelatihan pembuatan sabun yang digelar Tugiman Centre bersama LPK Bina Mulia Wonosari, Minggu (01/03/2020).

Mujiyati ketua kelompok PKK Desa Semugih mengungkapkan, kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan pelatihan ini akan memberikan bekal ketrampilan yang nantinya bisa dikembangkan.

“Selama ini kelompok kami sudah memproduksi jenang. Setelah pelatihan sabun ini, kami akan coba kembangkan untuk industri rumah tangga agar bisa meningkatkan pendapatan keluarga dan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Menurut Mujiyati, pembuatan sabun ternyata lebih mudah dari pada membuat jenang, sehingga Ia yakin bisa memproduksi sabun dengan hasil yang baik.

“Yang menjadi kendala adalah untuk mendapatkan bahan baku, mengingat lokasinya terlalu jauh dari pusat kota,” katanya.

Mujiyati dan anggota kelompok PKK lainnya berharap, dengan pelatihan ini nantinya mereka bisa memproduksi sabun sendiri untuk mencukupi kebutunan rumah tangga, dan bisa dijual khususnya diwilayah pesisir pantai selatan.

Terpisah Dr. Tugiman menyampaikan apresisi atas semangat dan keseriusan ibu-ibu PKK dalam mengikuti pelatihan.

“Semoga pelatihan ini dapat memacu tumbuhnya industri kreatif melalui UMKM guna meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat di Gunungkidul,” tuturnya. (Try)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.