Pemkab Gunungkidul Prioritaskan Pembangunan Jalan Menuju Wisata

256

WONOSARI, SELASA PON-Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus berbenah dalam pembangunan infrastruktur jalan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya penunjang perkembangan pariwisata, sesuai dengan visi misi Bupati.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRKP) Kabupaten Gunungkidul, Agustinus Setyo Koordijanto, ST., M.Eng. menyampaikan, poin pokok prioritas pekerjaan jalan untuk tujuan-tujuan wisata.

“Setiap tahun DPUPRKP melakukan survai untuk pengecekan kerusakan jalan dan prioritas pilihan adalah jalur akses pariwisata, hal ini sesuai visi misi Bupati,” jelasnya, (03/12).

Namun demikian Setyo menambahkan, hal tersebut juga tidak bisa meninggalkan prioritas-prioritas jalan strategis yang sifatnya segera harus dilakukan perbaikan. Dalam perencanaannya dinas selalu berupaya untuk mensinergikan antara jalan pendukung wisata serta jalan strategis lainnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, dalam hal pendanaan untuk pembangunan dan perbaikan jalan, DPUPRKP ada dua sumber pendanaan yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) serta anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) kabupaten dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Untuk DAK biasanya lumayan besar dananya dan menyasar ruas-ruas jalan strategis, dimana jaringannya itu jaringan jalan nasional. Dalam hal pekerjaan jalan dari DAK harus tuntas pembangunannya. Sementara untuk DAU dalam pelaksanaan pekerjaannya bisa menyesuaikan kebutuhan prioritas mana yang akan di dahulukan pembangunannya,” jelasnya.

Setyo menambahkan, meskipun anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan jalan besar, namun belum sepenuhnya mengcover seluruh ruas jalan yang rusak di Kabupaten Gunungkidul.

“Berdasar SK Bupati terbaru, ruas jalan Kabupaten Gunungkidul ada 1000 kilo meter yang semula hanya 600 kilo meter,” pungkasnya. (Ag/ig)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.