Peringati Hari Jadi, 7 Kelompok KWT Adu Kreasi Cipta Menu

110

GEDANGSARI – Kamis Wage | Tujuh Kelompok Wanita Tani (KWT) saling adu kreasi dalam lomba Cipta Menu tingkat kecamatan tahun 2020, di kantor Kecamatan Gedangsari, Kamis (09/01/2020).

Lomba digelar sekaligus memperingati hari jadi KWT Sapta Manunggal Kecamatan Gedangsari yang ke-4.

Ketua panitia Laras Handayani menyampaikan, lomba diadakan untuk mendukung penerapan konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

“Ini salah satu upaya untuk menekan adanya stunting, menekan angka kemiskinan dan rawan pangan di Kecamatan Gedangsari,” terangnya.

Selain itu, dikatakan Laras, lomba juga bertujuan menggali potensi lokal yang ada di Kecamatan Gedangsari.

“Menu yang ditampilkan cukup beragam, semua berbahan dasar singkong. Pemenang lomba cipta menu tingkat kecamatan, nantinya akan mewakili ketingkat kabupaten,” jelasnya.

Laras menjelaskan, lomba terlaksana berkat kerjasamanya dengan pemerintah kecamatan dan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Gedangsari.

Biaya lomba ini total Rp 13.230.000 merupakan bantuan dari berbagai pihak termasuk Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Camat Gedangsari, dan beberapa donatur lainnya.

“Terimakasih untuk semua donatur sehingga lomba ini bisa terlaksana. Semoga ini bisa menjadi agenda tahunan,” ucapnya.

Diharapkan, para generasi milenial bisa bergabung untuk membangun pertanian yang ada di Kecamatan Gedangsari.

Sementara itu Camat Gedangsari Martono Imam Santosa menjelaskan, berbagai inovasi akan terus diciptakan untuk Gedangsari bangkit menuju masyarakat yang sejahtera dengan potensi sendiri.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Bambang Wisnu Broto mengapresiasi atas inovasi Kecamatan Gedangsari.

Dengan adanya lomba cipta menu ini, Banbang Wisnu mengharapkan, sektor pertanian akan lebih maju dan potensi pangan lokal dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Kedepan, semoga Gedangsari mampu meningkatkan swasembada pangan,” tuturnya. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.