Polsek Playen Baper, Sambang Warga Tekan Gandir

129

PLAYEN, Selasa Pon–Sambil menyelam minum air, sembari patroli polisi melakukan sambang warga, penyuluhan kamtibmas sekaligus cek tensi (tekanan darah) masyarakat yang disambangi. Program BAPER (Bhayangkara Peduli Masyarakat) baru akan dilaunching bulan November 2017, namun mulai sekarang sudah dirintis.

Baper, menurut Kapolsek Playen AKP Wahyono Heru Susapto yang didampingi Wakapolsek, IPTU Teguh Dwi S adalah program baru untuk menekan tingginya angka bunuh diri di Gunungkidul utamanya Kecamatan Playen.

“Tensi gratis adalah pelayanan kesehatan kepada warga yang disambangi sebagai sarana dekat dengan masyarakat. Dari sambang warga ini kita selipi pesan-pesan kamtibmas,” terang IPTU Teguh (09/10).

Disamping itu, sambung Teguh, Baper dibentuk sebagai penjabaran Satgas Berani Hidup yang digagas Pemkab Gunungkidul. Dengan Baper, polisi akan lebih banyak mendengar dan mencarikan solusi orang yang berpotensi bunuh diri.

“Orang sakit menahun dan berpotensi gandir kita sambangi, ajak ngobrol dan bantu solusi pemecahannya. Jadi Baper akan tepat sasaran,” lanjutnya.

Ke depan, Polsek Playen juga akan menggandeng mitra seperti group IKKJ (Info Kecelakaan dan Kriminalitas Jogjakarta), Karang Taruna dan lainnya. Bahu membahu mereka berencana melakukan aksi sosial untuk menekan tingginya angka bunuh diri khususnya di wilayah hukum Polsek Playen. Red




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.