Putus Mata Rantai Kasus Bunuh Diri, Polisi Berikan Penyuluhan

220

PURWOSARI – Selasa Legi | Rentetan kasus bunuh diri banyak terjadi di Kabupaten Gunungkidul. Hal itu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Untuk menekan peningkatan angka bunuh diri, pemerintah terus melakukan upaya pencegahan melalui penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat.

Mulai dari orang-orang terdekat, siapapun harus peduli dan peka dengan keadaan di lingkungan sekitar. Dekat dengan keluarga, terutama orang-orang lanjut usia.

 

4000 PAKET SEMBAKO TNI AD UNTUK WARGA KURANG MAMPU

 

“Angka gantung diri di Gunungkidul, menunjukan trend yang mengkhawatirkan, sebab puluhan warga setiap tahunnya memilih mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri,” ujar AKP Hajar Wahyudi, Kapolsel Purwosari, Selasa, (17/12/2019).

Menurutnya, tingginya angka gantung diri harus disikapi secara bersama. Kepolisian mempunyai peran besar dalam penciptaan kondisi situasi aman dan tertib di dalam masyarakat.

Selain penegakan hukum, harus ada cara inovatif lain yang harus dilakukan. Untuk menangani kasus ini diperlukan sinergi antar lembaga pemerintahan maupun masyarakat.

“Salah satu cara untuk menekan angka gantung diri adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya edukasi untuk menekan angka gantung diri,” terangnya, saat memberikan penyuluhan di Aula Kecamatan Purwosari.

Untuk itu, penyuluhan kepada aparatur pemerintah mulai dari tingkat kecamatan sangat perlu dilakukan. Dengan adanya penyuluhan, semua aparatur diharapkan dapat melanjutkan mensosialisasikan kepada warga masyarakat.

“Kita harus lebih peka dengan lingkungan sekitar. Yang terpenting saat ini, harus bisa melakukan pemetaan tentang warga yang memiliki potensi bunuh diri,” ujarnya.

Menurut Wahyudi, jika warga sudah dapat melakukan pemetaan terhadap orang dengan potensi gantung diri,  kedepannya langkah – langkah pencegahan bisa dilakukan.

“Jika kita sudah tahu orang yang potensi gantung diri, tinggal memikirkan langkah selanjutkan, dibantu masalahnya agar mereka tidak bunuh diri,” imbuhnya. (Red)

 

DUEL SERU PUTARAN TERAKHIR LANUD GADING




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.