Sebagai Garda Terdepan Pengawasan, 144 PPD Ikuti Rapat Kerja Teknis Bersama Bawaslu Gunungkidul

411

PLAYEN-MINGGU WAGE | Dalam rangka untuk memantabkan ketugasan Pengawas Pemilu Desa (PPD) sebagai garda terdepan dalam tahap pengawasan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Gunungkidul menggelar rapat kerja teknis. Kegiatan tersebut digelar di salah satu hotel di Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen dengan melibatkan 144 PPD dan perwakilan Panwascam, Sabtu, (11/02/2023).

Anggota Bawaslu Kabupaten Gunungkidul, Devisi SDM dan Organisasi, Rini Iswandari, S.Pd menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk penguatan kapasitas jajaran pengawas pemilu PPD dan Panwascam.

“Untuk persiapan pengawasan pemutakhiran data pemilih atau Coklit yang akan dilakukan Pantarlih mulai 12 Februari hingga 14 Maret 2023,” jelas Rini.

Lebih lanjut disampaikan Rini Iswandari, pasca rapat kerja teknis diharapkan PPD maupun Panwascam se Kabupaten Gunungkidul mampu bekerja secara optimal dan maksimal sehingga proses Coklit yang dilakukan petugas Pantarlih sesuai dengan tata cara, prosedur dan regulasi yang ada.

“Tentu harapannya nanti tidak ada dugaan pelanggaran dalam setiap proses yang dilakukan. Kita akan kedepankan upaya pencegahan,” tegas Devisi SDM dan Organisasi Bawaslu Gunungkidul ini

Sementara itu Rosita, S.Pd.I Anggota Bawaslu Kabupaten Gunungkidul Devisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga menyampaikan, untuk persiapan petugas PPD dalam pengawasan Coklit yang utama adalah pemahaman regulasi dan penyiapan alat kerja saat Coklit.

“Dalam upaya pencegahan selalu kita koordinasikan secara berjenjang dengan KPU, PPK, PPS hingga Pantarlih. Perkuat koordinasi, perkuat regulasi untuk mencari solusi,” tutup Rosita.

(Agus SW)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.