Sebelumnya Pasar Ikhlas di Wonosari, Menyusul Pasar Sedekah di Tanjungsari

152

TANJUNGSARI-SENIN LEGI | Setelah Sebelumnya muncul Pasar Ikhlas di Kapanewon Wonosari, kini kembali muncul Pasar Sedekah di Kapanewon Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul DIY.

Pasar yang sengaja diciptakan oleh Karangtaruna Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY ini tergolong unik.

Di Pasar Sedekah, warga bebas mengambil kebutuhan pokok hingga maksimal 4 item dengan membayar seikhlasnya.

 

 

Di tempat ini tersedia berbagai kebutuhan pokok sehari-hari mulai sayuran, beras, minyak goreng, telur, hingga ikan segar.

Ketua Karangtaruna sekaligus Pengelola Pasar Sedekah Supardi mengatakan, bahwa pasar sedekah ini merupakan inisiatif Karangtaruna untuk membantu perekonomian warga khususnya yang ada di Kalurahan Kemadang.

“Warga yang datang kepasar ini diperbolehkan mengambil 4 item barang secukupnya dan membayar seikhlasnya tanpa adanya patokan harga khusus,” katanya, Jum’at (26/06/2020).

Modal dari pasar sedekah, dijelakan Supardi, merupakan hasil patungan dari Karangtaruna Kalurahan Kemadang.

 

 

Supardi menambahkan, Warga yang datang juga diminta untuk mentaati protokoler penanganan Covid-19 dengan cara mengenakan masker dan menjaga jarak.

Rencananya, lanjut Supardi, pasar sedekah akan dibuka sebulan sekali hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sementara itu, salah seorang warga Wasini mengungkapkan, dengan adanya pasar sedekah dapat meringankan beban warga sekaligus membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 khususnya sektor ekonomi di Gunungkidul.

“Selain itu juga dengan konsep membayar seikhlasnya tentu saja akan menghemat pengeluaran saya sehari-hari,” ucapnya. (Hery)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.