Puluhan Wisatawan Tersengat Ubur-Ubur Pantai Selatan

159

TANJUNGSARI-SABTU WAGE | Sebanyak 5 wisatawan, 3 diantaranya anak-anak, harus mendapatkan pertolongan lantaran tersengat ubur-ubur di Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Jum’at (26/06/2020) sore.

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil ll, Surisdiyanto mengatakan bahwa, kelima korban tersengat ubur-ubur yakni GYA (7) warga Surakarta, RR (12) warga Depok, Sleman, KK (4) warga Kalasan, Sleman, F (23) dan S (28) keduanya merupakan warga Piyungan, Bantul.

“Sudah kita tangani, ada puluhan korban, mereka dalam keadaan baik-baik saja,” kata Surisdiyanto, saat ditemui di Pantai Kukup, pada Sabtu (27/06/2020) pagi.

 

 

Surisdiyanto menjelaskan, dampak dari sengatan ubur-ubur atau impes ini akan mengakibatkan kulit gatal-gatal juga terasa panas, namun jika daya tahan tubuh tidak kuat akan timbul sesak nafas dan sakit perur.

Munculnya ubur-ubur ini, Lanjut Surisdiyanto, lantaran dipicu kondisi laut bercuaca dingin sehingga ubur-ubur mencari tempat yang lebih hangat di kawasan pantai.

Bentuk ubur-ubur ini bisa menarik perhatian, khususnya bagi anak-anak karena memiliki bentuk dan warna yang unik. Binatang laut ini pun memiliki warna kombinasi biru menarik dan ini seringkali membuat pengunjung ingin menyentuh hewan ini.

“Ubur-ubur ini muncul pada bulan Juni hingga akhir Agustus nanti, sehingga para wisatawan harap berhati-hati, saya juga menghimbau agar wisatawan yang terlanjur tersengat ubur-ubur agar tidak panik, dan segera menghubungi petugas SAR di Pos jaga,” ucapnya. (Hery)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.