Sejumlah Hotel Persiapkan New Normal

215

GUNUNGKIDUL-Beberapa persiapan dilakukan oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul, bersama sejumlah pelaku wisata menuju New Normal. Tak ketinggalan, hotel sebagai pendukung pariwisata pun ikut bersiap secara mandiri Jum’at, (19/06).

Owner Hotel The Royal Joglo, Cahyo Susanto mengatakan, Sejak awal bulan Juni, pihaknya telah melakukan persiapan New Normal secara mandiri. Penerapan SOP protokol kesehatan pun kian lebih diperketat.

“Prosedur yang kami terapkan, mulai dari cuci tangan, pengecekan suhu (Thermogun), juga masker apabila pengunjung yang datang tidak mengenakan masker,” katanya, saat ditemui awak media.

 

INFO HARI INI – OBJEK WISATA SEGERA KEMBALI DIBUKA

Cahyo menjelaskan, jika nantinya terdapat pengunjung yang datang dengan suhu tubuh melebihi standart normal, pihaknya meminta untuk tidak masuk dan mengalihkan sementara ke tempat kesehatan (Puskesmas) terlebih dahulu.

“Batas suhu tubuh 37,2° untuk bisa berkunjung, protokol kesehatan pastinya lebih ketat,” jelasnya.

Menyambut era New Normal, Cahyo mengatakan, dirinya sebagai pengelola hotel, berharap adanya pendampingan langsung oleh pihak Dinas terkait dalam hal ini Dispar Kabupaten Gunungkidul.

 

INFO HARI INI – TIGA BULAN PANDEMI, BELUM TERSENTUH BANTUAN, PELAKU UMKM GULUNG TIKAR

 

Meski demikian, Cahyo menambahkan, tahapan simulasi menyambut New Normal juga sudah dilakukan, ia pun berharap adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang lebih spesifiki bagi hotel.

“Harus dan diperlukan pendampingan penerapan (SOP) bagi hotel mengingat kondisinya berbeda. Contohnya dalam batas maksimal jumlah tamu yang menginap di hotel,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono menjelaskan, jika nantinya terdapat Check List yang harus dipatuhi oleh pelaku Usaha Jasa Pariwisata (UJP) seperti restoran dan hotel, mereka melakukan penilaian mandiri atau self assessment.

 

BREAKING NEWS: PROTES, ENAM PABRIK MEMBUANG LIMBAH KE SUNGAI

 

“Cukup cek apakah (SOP) protokol kesehatan sudah terpenuhi berdasarkan Check List itu,” jelasnya, saat dihubungi melalui telefon.

Harry mengatakan, ia pun sangat mengapresiasi atas tindakan kesigapan para pengelola hotel yang kini sudah menyiapkan seluruh fasilitas hingga Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan protokol kesehatan menyambut New Normal.

“Berati informasi protokol kesehatan yang dirancang oleh Dispar telah tersampaikan ke pelaku usaha pariwisata”, pungkasnya. (Her)

 

INFO HARI INI – RESIKO TINGGI RATUSAN WARGA JALANI RAPID TEST & SWAB




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.