Bakar Sampah, Kandang Sapi di Gunungkidul Terbakar

948

Gunungkidul-Kamis Pahing | Sebuah kandang sapi milik Ngatina (52) warga Padukuhan Pagutan 01/08, Kalurahan Pengkol, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul terbakar, Kamis (30/05). Meski tidak ada korban jiwa, kerugian material ditafsir mencapai Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupuah).

Release Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul menyebut bahwa peristiwa tersebut terjadi pada pukul 16:00 WIB.

Sebelumnya diketahui korban sengaja membuat perapian dengan cara membakar sampah sisa-sisa makan ternak sapi, dengan tujuan agar dapat mengusir nyamuk.

“Mengusir nyamuk dan lalat, namun setelah menyala, api ditinggal pemiliknya,” tulis laporan BPBD.

Karena perapian berdekatan dengan tumpukan jerami kering, lebih lanjut diterangkan, apipun merembet dan membakar sebagian isi kadang ternak tersebut.

Beruntung warga yang saat itu berada disekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan sigap memadamkan kobaran api yang mulai membesar.

“Tumpukan jerami sebagian terbakar, usuk dan reng kadang sebagian terbakar,” lanjutnya.

Persitiwa kebakaran terkondisi, BPBD menyebut, bahwa telah melakukan assessment dengan cara mamdamkan sisa-sisa pembakaran oleh Damkar.

“Kebutuhan mendesak nihil, sementara tim yang terlibat penanganan Damkar, GES, TRC BPBD Gunungkidul, serta warga sekitar,” tulis laporan BPBD. (Nhs)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.